Pengertian, Cara, Metode KB- Keluarga Berencana Alami – Alamiah

Tuhan Yang Maha Kuasa telah menciptakan manusia sebagai makhluk yang sempurna dan paling mulia di antara makhluk ciptaan lainnya, dengan dilengkapi struktur tubuh yang sempurna pula. Organ internal kewanitaan sebagai kaum hawa yang bertugas menurunkan generasi, memiliki struktur alat-alat internal/ organ reproduksi yang unik dan menarik untuk dipelajari lebih lanjut dalam hubungannya dengan penerusan keturunan. Hal ini telah menarik perhatian para peneliti untuk lebih lanjut mengembangkan berbagai metode perencanaan kehamilan dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Para ahli telah menemukan berbagai cara alamiah untuk menunda kehamilan atau sebaliknya, yaitu merencanakan kehamilan dan bahkan tekhnik untuk mencoba menentukan jenis kelamin calon anak idamannya. Hal ini didasarkan dengan keadaan struktur organ internal kewanitaan itu sendiri yang telah memungkinkan untuk melakukan hal-hal tersebut. Dalam hal ini, kita sebagai manusia yang beriman tentunya bukan bermaksud untuk mendahului kehendak dari Tuhan sang Pencipta, tetapi kita sebagai makhluk yang dikaruniai akal budi, kita tentu diwajibkan pula untuk melakukan usaha nyata sebagai pelengkap dari keyakinan dan iman kita kepada-Nya dan juga sebagai pengamalan ilmu yang dikaruniakan-Nya kepada kita. Singkat kata usaha kita ini adalah suatu bentuk ikhtiar sebagai makhluk yang berakal budi.

Metode KB Alamiah tentunya tidak bertentangan dengan agama apa pun, dan bahkan merupakan upaya manusia untuk tetap menjaga keotentikannya sebagai makhluk yang luhur dan bermoral. KB Alamiah adalah suatu tekhnik merencanakan keluarga, dalam hal ini kehamilan dan kelahiran  dengan cara-cara yang alami dan manusiawi dengan memanfaatkan segala daya yang telah diberikan oleh Sang Pencipta kepada manusia itu sendiri, yakni memanfaatkan organ biologis wanita, karunia Sang Pencipta. Tanpa perlu menggunakan alat-alat kontrasepsi yang justeru sering dipandang sebagai menentang dan melawan proses alamiah dan asali. Lebih jauh lagi, alat-alat kontrasepsi kadang mengandung resiko buruk terhadap kesehatan sang ibu yang tidak kita inginkan. Belum lagi resiko secara moral yang harus kita hadapi, karena metode alat kontrasepsi kadang dilihat sebagai cara menentang yang alami, dan diartikan sebagai menentang kehidupan itu sendiri. Karena ternyata bila kita cermati, kadang alat kontrasepsi bukan sekedar mencegah terjadinya pertemuan sel telur dengan sel sperma, tetapi ada yang bersifat membunuh sel hidup setelah terjadinya konsepsi/pembuahan. Yang berarti telah mematikan si calon manusia. Dengan menggunakan metode alami, ini semuanya akan dapat dihindari dan akan tetap berjalan dengan normal.

Dengan demikian metode KB Alamiah merupakan metode yang luhur dan mulia karena menjaga eksistensi keluhuran moral dan martabat manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling mulia. Buku ini menyajikan kepada Anda para ibu, bapak, dan kaum muda, suatu metode yang sangat bagus untuk perencanaan kehamilan, baik untuk menunda maupun menginginkan kehamilan. Dan terutama bagi para gadis calon ibu sebagai persiapan pernikahan, jangan sampai terjebak pada alat-alat kontrasepsi. Metode yang dipakai untuk KB Alamiah ada beberapa cara, antara lain metode ovulasi atau metode lendir, metode suhu badan, metode leher rahim, dan metode simtotermal. Namun di sini kami hanya akan menguraikan salah satunya yaitu metode ovulasi atau metode lendir yang memadukan dengan metode kalender. Karena metode ini yang paling mudah dipelajari dan aman, dimana penulis telah menjalankannya semenjak pernikahan sampai memiliki dua anak, laki-laki dan perempuan. Sehingga kami menguraikan isi buku ini bersifat sangat praktis berdasarkan pengalaman yang didukung teori-teori yang kami dapat dari referensi maupun kursus. Buku ini lebih berisi tentang sharing pengalaman dengan didasarkan pada sejumlah pengetahuan yang ilmiah dan metodis.

Untuk membaca lebih lanjut Klik Sini

Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: